siapakah orang terkaya di dunia saat ini?

April 18, 2015

siapakah orang terkaya di dunia saat ini?

siapa sajakah orang-orang di dunia ini yang mampu melipat gandakan kekayaannya sehingga bertumbuh menjadi semakin besar sehingga menempati urutan orang terkaya di dunia? Berdasarkan daftar dari Bloomberg dan Forbes yang dikutip dari situs finance.detik.com dan citizenjurnalism.com pada tahun 2013 berikut daftar terbarunya:

1. Larry Ellison memiliki Kekayaan: US$ 41,6 miliar (Rp 395,2 triliun)

larry

Ellison adalah pendiri dan pemilik mayoritas saham Oracle, perusahaan database terbesar di dunia. Selain 23% saham di Oracle, ia juga punya 46% saham NetSuite dan sebagian saham LeapFrog Enterprises. Sebuah perusahaan pelatihan pembuatan software. Hartanya juga termasuk US$ 4,5 miliar uang tunai, serta beberapa aset tak bergerak, seperti satu pulau di Hawaii

2. Charles Koch memiliki Kekayaan: US$ 45,2 miliar (Rp 429,4 triliun)

2
Charles Koch adalah komisaris sekaligus Direktur Utama Koch Industries, salah satu perusahaan multi industri terbesar di dunia. Perusahaan yang bermarkas di Wichita, Kansas ini bergerak di aneka industri mulai dari penyulingan minyak, pipa, perdagangan komoditas, kertas dan lain-lain. Bersama adiknya, ia punya 42% saham di perusahaan yang tahun lalu meraup omzet sebesar US$ 115 miliar (Rp 1.092 triliun) tersebut.

3. Ingvar Kamprad memiliki Kekayaan: US$ 55,5 miliar (Rp 527,25 triliun)

3

Orang paling kaya di Swedia ini merupakan pendiri sekaligus pemilik IKEA, perusahaan ritel furnitur terbesar di dunia. Perusahaannya ini meraup omzet lebih dari US$ 36 (Rp 342 triliun) miliar dengan laba US$ 4 miliar (Rp 38 triliun). Perusahaan investasi milik keluarganya, Ikano Group mengoperasikan empat waralaba IKEA, bisnis kartu kredit dan properti.

4. Amancio Ortega Gaona memiliki Kekayaan: US$ 56 miliar

4

Ortega lahir di Busdongo de Arbas, Leon. Pada usia 14 tahun, ia tiba di La Coruna, Spanyol, ikut tugas ayahnya yang bekerja di kereta api. Ia memulai karier sebagai pesuruh di toko baju di La Coruna, Galicia. Pada tahun 1972 ia mendirikan Confecciones Goa yang membuat jubah mandi. Pada tahun 1975 ia membuka toko fashion yang diberi nama Zara. ia memiliki 59,29% saham dari kelompok Inditex (Industrias de diseno Textil Sociedad Anonima) yang meliputi merek Zara, Massimo Dutti, Oysho, Zara Home, Kelas Kiddy itu, Tempe, Stradivarius, Pull and Bear dan memiliki lebih dari 92.000 karyawan. Ortega sejak Juli 2011 tidak lagi menjadi direktur perusahaan pakaiannya, Inditex. Meski begitu, perusahaannya terus berkembang. Harga saham naik setahun terakhir, meningkatkan kekayaannya menjadi $6,5 milion. Selain perusahaan investasinya itu, Ortega juga punya perusahaan properti perkantoran di beberapa kota besar Eropa dan Amerika Serikat (AS). Sejak 2001 lalu, ia sudah menerima dividen sebesar 2,8 miliar euro. Dua tahun lalu, ia mengundurkan diri dari posisi komisaris Inditex.

 

5. Warren Buffett Kekayaan: US$ 59,6 miliar (Rp 566,2 miliar)

5

Semua orang mengenal sosok satu ini. Warren Edward Buffett , lahir 30 Agustus 1930 disebut sebagai Investor legendaris. Ia secara luas dianggap sebagai salah satu investor paling sukses di dunia. Warren Buffett merupakan pemegang saham utama, chairman dan CEO Berkshire Hathaway. Perusahaan publik yang bergerak di berbagai sektor industri, mulai dari asuransi (Geico), manufaktur (Clayton Homes), energi (MidAmerican Energy, Lubrizol), dan jasa (NetJets). Buffett juga terkenal sering membeli saham-saham perusahaan raksasa, seperti Coca-Cola, American Express, Procter & Gamble, dan Wells Fargo. Buffet menyebut perusahaan-perusahaan ini dengan ‘Gajah’ dan ia memposisikan diri sebagai ‘Pemburu’. Sejak tahun 2008 sampai sekarang dia selalu menduduki peringkat orang terkaya dunia.

6. Carlos Slim memiliki Kekayaan: US$ 72,1 miliar (Rp 684,9 miliar)

6

Orang Terkaya di Meksiko dan salah satu orang terkaya di dunia ini menguasai saham America Movil, operator jaringan telekomunikasi terbesar di Benua Amerika. Ia juga main di industri perbankan (Inbursa) dan pertambangan (Minera Frisco), juga punya saham di Philip Morris, New York Times, Saks dan Caixabank. Grupo Carso, perusahaan milik keluarganya, punya bisnis di sektor konstruksi. Pria kelahiran Meksiko City, 28 Januari 1940 ini berhasil mempertahankan gelar orang terkaya pertama di dunia untuk ketiga kalinya secara berturut-turut walaupun hartanya berkurang $5 miliar dari tahun lalu karena turunnya harga saham raksasa telekomunikasi America Movil yang merupakan lebih dari setengah dari sumber kekayaannya. Dia merupakan bos dan kepala eksekutif perusahaan telekomunikasi Telmex dan America Movil, dan memiliki saham yang luas dalam perusahaan Meksiko lainnya melalui konglomeratnya, Grupo Carso SAB, serta kepentingan bisnis di tempat lain di dunia. Slim yang telah berusia 72 tahun kini menghabiskan hari-harinya bekerja di Yayasan Carlos Slim dan Yayasan Telmex.

7. Bill Gates memiliki Kekayaan: US$ 72,7 miliar (Rp 690,6 triliun).

7

Lahir di Seattle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955 dengan nama lengkap William Henry “Bill” Gates III. Gates merupakan tokoh bisnis Amerika, investor, filantropis, dan pengarang. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai CEO dan saat ini menjadi ketua perusahaan softwere komputer dunia, Microsoft. Bill Gates naik peringkat jadi orang paling kaya di dunia versi Bloomberg setelah menyalip Carlos Slim. Ia merupakan pendiri sekaligus komisaris Microsoft, perusahaan software terbesar di dunia. Gates telah menyumbangkan $28 miliar untuk pembebasan polio di India dan akan terus menyumbangkan $200 juta per tahun untuk menghilangkan penyakit-penyakit yang masih endemik di Pakistan, Afghanistan, dan Nigeria. Gates juga punya program baru: memperbaiki pertanian.
Yayasannya sudah menyumbangkan lebih dari $2 miliar pada petani kecil. Hanya seperempat dari harta Gates berasal dari Microsoft yang harga sahamnya mencapai nilai paling tinggi dalam 10 tahun terakhir sehingga menaikkan kekayaannya sampai $5 miliar. Sisa kekayaannya berasal dari surat berharga dan saham di Ecolab dan jaringan televisi Mexico, Televisa. Gates juga punya 5% saham di Redmond, perusahaan yang bermarkas di Washington yang seperempat total kekayaannya berasal dari sini. Sumber kekayaan Gates lainnya berasal dari perusahaan investasi Cascade Investment.
8. Bernard Arnault Harta kekayaan: $41 miliar/Rp373 triliun.
8
Raja bisnis kelahiran Perancis, 5 Maret 1949 ini dikenal sebagai ketua dan kepala eksekutif mewah grup LVMH. Penjualan naik 16% di Eropa, Asia, Amerika Serikat, terutama penjualan Louis Vuitton dan keberhasilan integrasi Bulgari. Kelompok ini membentuk usaha patungan dengan salah satu penyamakan kulit buaya terkemuka di dunia, Heng Long. Di antara koleksi pribadi kalangan atas, dia memiliki Indigo Island di Bahama dan ski chalet Cheval Blanc di Courchevel.
9. Larry Ellison, Harta kekayaan: $36 miliar/Rp327,5 triliun
9
Lawrence Joseph Ellison (lahir di Manhattan, New York, Amerika Serikat, 17 Agustus 1944; umur 69 tahun). Ellison membuat perusahaan dengan nama SDL atau kepanjangan dari Software Development Laboratories. Pada tahun 1979 perusahaan tersebut berganti nama menjadi Relational Software dan kemudian berganti lagi menjadi Oracle, Ellison adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation. Saham Oracle naik turun selama berbulan-bulan. Sempat kembali naik sejak turun Agustus lalu, tapi masih lebih rendah 15% jika dibandingkan tahun lalu akibat perlambatan penjualan raksasa software dan hardware ini. Berkat usahanya mendirikan Oracle, ia menjadi deretan orang terkaya di dunia. Bahkan pada tahun 2009 gajinya mencapai 73.2 juta dollar. Pada tahun 2012, ia merupakan orang terkaya urutan nomor 6 di dunia versi Forbes dengan kekayaan mencapai 36 Milyar dollar AS.
10. Eike Batista, Harta kekayaan: $30 miliar/ Rp272,9 triliun.
10
Pria terkaya di Brasil meraup keuntungan dari minyak bumi. Dua pertiga hartanya berasal dari perusahaan pengeboran minyak dan gasnya, OGX Petroleo e. Selain itu, ia juga menaruh kekayaan pada emas. Ia membeli Ventana Gold dari Kanada yang akan menambang lokasi dengan deposit emas sangat menjanjikan di Kolombia.

 

11. Stefan Persson, Harta kekayaan: $26 miliar/Rp236,5 triliun
11
Warga Swedia tersebut mempunyai Jaringan toko yang menawarkan pakaian chic H&M. H&M membuka toko pertama mereka di Kroasia, Singapura, dan Romania dan kini telah memiliki 2500 toko di 43 negara.

 Li Ka-shing, Harta kekayaan: $25,5 miliar/Rp 232 triliun
Li terdaftar sebagai orang yang paling berpengaruh ke-44 di dunia. Hutchison Port Holdings miliknya mengelola sekitar 13 persen dari trafik kontainer dunia. Baru-baru ini ia mengakuisisi Northumbrian Water, yakni penyedia air bersih untuk minum kepada 4,5 juta orang di Inggris. Tidak tanggung-tanggung, ia juga berbisnis layanan pembuangan kotoran yang melayani sekitar 2,7 juta penduduk. Li juga berinvestasi di Facebook dan Spotify. Untuk diketahui saja, Li tidak menyelesaikan pendidikannya. Alasan dia keluar dari sekolah ketika berumur 12 tahun adalah untuk membantu keluarganya. Sepuluh tahun kemudian, Li pun memulai bisnisnya sendiri dengan membuat mainan. Li merupakan salah satu kaisar konstruksi, Li mempekerjakan 270 ribu orang di 53 negara. Satu dari tujuh tempat tinggal di Hong Kong dibangun olehnya. Ia juga menguasai sekitar 13% dari lalu lintas kontainer dunia. Li juga adalah investor untuk perusahaan teknologi pemula seperti Facebook dan Spotify.

 

PERTANYAANYA? Bisakah kita menjadi mereka? jawabannya adalah bisa asalkan tahu caranya! anda dapat menegtahui caranya dan mengetahui rahasia mereka bagaimana mereka dapat melipat gandakan kekayaannya sehingga dapat berkembang begitu besar pada buku the secret investor genius

Related Post

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *