pesawat Lion Air JT 778 Jakarta-Makassar di bajak

November 22, 2015

Pembaca Cahyailmu.com Dikutip dari harian JawaPos.com JAKARTA – Pesawat Lion Air JT778 rute Jakarta-Makassar ”dibajak” di Bandara Soekarno-Hatta kemarin (21/11).

Pesawat Lion Air JT 898 Jakarta-Makassar delay hingga enam jam

Pesawat Lion Air JT 898 Jakarta-Makassar delay hingga enam jam

Insiden itu dilakukan penumpang pesawat Lion Air lain, yakni JT898 dengan tujuan yang sama, yang tengah terbakar emosi lantaran penerbangan mereka ditunda sangat lama.

Aksi nekat tersebut bermula saat penumpang pesawat Lion Air JT898 diam-diam ikut boarding pesawat JT778 yang dijadwalkan terbang pukul 08.15.

Mereka nekat masuk pesawat karena geram lantaran penerbangan mereka dengan pesawat JT898 tidak juga berangkat.

Dari informasi yang dihimpun, penumpang tidak mendapat penjelasan soal penyebab keterlambatan pesawat mereka.

Pesawat JT898 dijadwalkan terbang pukul pukul 04.30 dan tiba di Makassar pukul 06.55.Kekacauan pun terjadi saat penumpang JT778 tidak memperoleh tempat duduk sesuai dengan nomor kursi. Mereka mulai mempertanyakan kepada pramugari.

Pramugari pun menanyakan identitas para penumpang. Hingga akhirnya, mereka yang merupakan penumpang gelap tepergok.

Namun, mereka enggan turun. Cekcok pun tidak terelakkan. Keributan itu membuat sejumlah penumpang takut sehingga membuka pintu emergency (darurat).

Seketika, balon seluncur terbuka dan dijadikan jalan keluar oleh para penumpang JT778. Selain aksi di dalam pesawat, kekecewaan penumpang berlanjut di runway dekat pesawat JT778 parkir.

Penerbangan JT778 pun harus tertunda hingga tiga jam dari jadwal.

Public Relations Manager Lion Air Group Andy Saladin mengaku tidak tahu aksi terobos runway oleh penumpang tersebut.

”Tetapi, memang informasi yang kami terima, penumpang menerobos masuk,” ungkapnya saat dihubungi Sabtu (21/11).
Dia menuturkan, kekisruhan tersebut berhasil ditangani. Penumpang dari kedua penerbangan telah diberangkatkan menuju Makassar.

Penerbangan dilakukan pukul 11.00 dengan dua pesawat yang berbeda. ”Saya lupa yang mana dulu. Tetapi, jaraknya tidak terlalu jauh. Sudah diterbangkan semua,” tegasnya.

Disinggung soal alasan delay, Andy menyatakan terjadi masalah operasional. Namun, dia tidak menjelaskan lebih detail.

Staf Khusus Menteri Perhubungan (Menhub) Hadi M. Djurait membeberkan beberapa fakta yang berhasil dikumpulkan pihaknya.

Dia mengungkapkan, penumpang JT898 mengalami delay karena ada rencana pergantian pesawat oleh maajemen Lion Air. Permohonan pergantian itu sangat mendadak.

”Mereka baru minta izin ganti pukul 08.00. Pesawat JT898 jenis Boeing izin diganti dengan pesawat baru mereka, jenis Airbus dengan kapasitas lebih besar,” tuturnya.

Izin pergantian tersebut ternyata tidak langsung diberi lampu hijau oleh Kemenhub. Sebab, dalam surat permohonan, sertifikat kelayakan pesawat tidak turut disertakan.Sertifikat itu sangat krusial karena pesawat Airbus tersebut belum pernah dioperasikan untuk komersial.

”Kami tentu tidak ingin mengambil risiko. Kami tidak tahu ini aman atau tidak. Safety menjadi alasan utama,” tegasnya. Persyaratan itu, imbuh dia, baru dilengkapi pukul 09.00 oleh Lion Air

One Comment

  • Hosting November 13, 2016 at 7:55 am

    Selain Lion JT 0778, Rizky menyebutkan para pembajak itu juga mengancam akan membatalkan penerbangan lion air lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *