novel pdf Sir Arthur Conan Doyle- kuda pacuan Silver Blaze

October 12, 2015

novel pdf Sir Arthur Conan Doyle- kuda pacuan Silver Blaze

Sir Arthur Conan Doyle- kuda pacuan Silver Blaze

Sir Arthur Conan Doyle- kuda pacuan Silver Blaze

Sir Arthur Conan Doyle- kuda pacuan Silver Blaze

Title : The Memoirs of Sherlock Holmes

Author : Sir Arthur Conan Doyle (1892)

From ‘Sherlock Holmes; The Complete Novels and Stories, Volume I’ (Bantam Classic)

 

Berikut cuplikan ceritanya  Sherlock Holmes dihadapkan pada kasus hilangnya seekor kuda pacu favorit di King’s Pyland, Dartmoor, milik Colonel Ross, serta pembunuhan pelatihnya, John  Stroker. Pada mulanya dia menyangka bisa menyelesaikan kasus ini dari London, tetapi ternyata dia dan Watson tetap harus menyusul ke Dartmoor untuk menyelidiki kasus ini.

Kuda itu—Silver Blaze—hilang tanpa jejak. Secara teori, mustahil tidak ada seorang pun yang memperhatikan jika Silver Blaze lewat, karena tanda khas di kepalanya sudah dikenali banyak orang. Seorang tersangka yang dicurigai kuat pun masih memiliki alibi yang sama kuatnya (atau lebih kuat) dengan bukti yang ditemukan.

Kasus ini sebelumnya sudah ditangani oleh Scotland Yard, di bawah Inspector Gregory, tetapi mengalami jalan buntu. Selain bukti dan saksi yang sedikit, serta petunjuk yang samar, kepolisian gagal karena tidak tahu bagaimana cara mencarinya. Dengan metodenya yang khas, serta imajinasinya, Holmes bisa menyusun kemungkinan-kemungkinan motif dan modusnya, untuk kemudian mencari ke jalan yang tepat.

tak salah jika polisi mengalami kesulitan. Butuh sebuah cara yang cerdik pula untuk mengungkapkannya. Ada kalanya jika tak memiliki bukti cukup, Holmes hanya perlu melempar kail dan membiarkan pelakunya yang bergerak. Dan ada prosedur yang harus dilanggarnya untuk itu.

Holmes lebih mengutamakan masalah yang dipermasalahkah—dalam hal ini hilangnya sang kuda dan meninggalnya Straker—ketimbang harus mengikuti prosedural mendetail tentang siapa-siapa yang terlibat. Jadi pada akhirnya, petunjuk yang dituju oleh Holmes adalah keberadaan kuda tersebut. Mengenai di mana Silver Blaze selama ini pada akhirnya tidak diungkapnya, karena—selain tidak penting—juga merupakan bagian dari rencana penemuannya.

Sebagai pembuka sebuah kumpulan, kisah Silver Blaze ini masih memberikan detail-detail kecil yang menarik tentang Sherlock Holmes dan metodenya. Pada bagian ini, hubungannya dengan Watson tergambar lebih dekat dan sudah (hampir) saling mengerti. Kisah ini juga menarik karena metode kejahatan yang unik, posisi pelaku dan korban pembunuhan yang tak kalah unik, serta bagaimana kepercayaan diri Holmes selama penyelidikan tergambar nyaris sempurna sejak awal hingga akhir. Tampaknya ini adalah salah satu kasus Holmes yang cukup berhasil. Dan yang paling saya suka, sebuah kunci kasus ini yang digambarkan dengan sangat sederhana tapi bermakna mendalam ada di Scene on Three saya terdahuluyuk dapatkan cerita lengkapnya disini

 


dwonload novel sherlock holmes- kuda pacuan disini

 

Koleksi novel sherlock holmes yang lain

  1. http://www.cahyailmu.com/novel-pdf-sherlock-holmes-penelusuran-benang-merah/
  2. http://www.cahyailmu.com/nofel-pdf-sherlock-holmes-batu-mazarin/

 

Related Post

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *