investasi itu ngak penting! benarkah?

April 18, 2015

investasi itu ngak penting! benarkah?

Memulailah investasi dari sekarang, Namun banyak orang yang takut atau enggan untuk berinvestasi. Jika Anda takut bagaimana impian terbesar Anda akan terkabul? Banyak orang beranggapan kalau mereka harus memiliki banyak uang sebelum berinvestasi dan menganggap bahwa investasi hanya milik orang kaya. Tetapi jika Anda berpikir seperti itu, tentu saja Anda tidak akan kaya.

“Kalau bisa sekarang, ngapain nunggu sampe ubanan apalagi sampai penyakitan?”
“Berinvestasilah mulai sekarang! Berinvestasi memang beresiko tetapi tidak berinvestasi lebih beresiko”

Kata-kata diatas terdengar seperti salah satu produk iklan asuransi, dan memang benar asuransi merupakan salah satu produk dalam investasi, dimana tujuannya adalah agar kita aman, nyaman, jika mungkin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dimasa mendatang.
Mengapa kita harus berinvestasi dari sekarang? Saat ini barangkali kita masih berada di puncak produktivitas. Karier sedang bagus-bagusnya, penghasilan pun tinggi, dan kita bisa menikmati kehidupan tanpa kekurangan apa pun. Baik kebutuhan primer, sekunder maupun tertier segalanya terpenuhi. Tidak ada perlunya berinvestasi. Nikmati saja hari ini, hari esok tidak perlu terlalu dipikirkan apalagi dipusingkan, hidup hanya sekali dinikmati saja hidup ini, mengapa harus repot-repot memikirkan masa depan toh hidup sekarang sudah berkecukupan?
Itu adalah gambaran seseorang yang berada di puncak usia produktif (25-40 tahun). Penghasilan sedang tinggi-tingginya, jaringan relasi sedang luas-luasnya, dan sepertinya tidak pernah kekurangan uang. Dalam kondisi seperti ini, seseorang bisa menggantungkan hidup pada penghasilan aktif. Tapi kita hidup bukan untuk hari ini saja. Suatu saat nanti, karier kita berakhir. Kondisi fisik akan menurun, sehingga kemampuan mencari uang pun akan berkurang pula. Ketika kondisi fisik menurun, maka idealnya terjadi pergeseran sumber penghasilan dari active income (bekerja secara fisik) menjadi passive income (penghasilan dari investasi).
Jika Anda termasuk orang yang menyadari bahwa kebutuhan masa depan lebih besar daripada saat ini, tentu Anda akan mengelola keuangan secara lebih cerdas dan bijak.
Semakin ke depan, biaya hidup akan semakin bertambah.tahukah anda sebuah penelitian di harvard menyatakan bahwa 78% orang di dunia jatuh miskin karena tidak mempersiapkan biaya hidup dan kesehatan.

Biaya hidup inilah yang dapat memicu seseorang untuk berinvestasi agar dapat memenuhi kebutuhannya tersebut. Apalagi banyak ketidakpastian atau hal tak terduga dalam hidup ini. Bisa saja Anda tiba-tiba kekurangan uang, bangkrut, kondisi kesehatan menurun, atau tertimpa musibah. Tantangan lain di masa depan adalah laju inflasi yang tinggi dimana nilai uang akan semakin lama semakin menyusut, maka untuk itu START NOW, mulailah investasi dari sekarang sebelum ajal keuangan Anda menjemput.
Ada beberapa alasan diantaranya, “Saya belum memiliki modal untuk berinvestasi, Saya belum siap untuk terjun dalam investasi, Saya takut dengan resikonya, saya takut gagal, saya takut uang saya hilang.” Namun sayangnya banyak orang sering menunda investasi, keputusan tersebut yang sering tertanam di benak banyak orang, mungkin termasuk Anda bahkan mungkin saya juga dulu. Penghasilan yang pas-pasan sering dijadikan kambing hitam, padahal kambingkan tidak ada yang hitam. START NOW, mulailah investasi dari sekarang, karena pada dasarnya investasi tidak harus selalu membutuhkan modal yang besar, memang modal yang besar sangat bagus untuk melejitkan hasil investasi. Namun jika berinvestasi menunggu memiliki modal yang besar, lalu kapan mulainya?
Mulailah investasi dari sekarang walau saat ini Anda hanya memiliki sedikit. Menabungpun merupakan bentuk investasi. Anak-anak TK jaman sekarang bahkan telah diajarkan pentingnya menabung, masa kita sebagai orang dewasa tidak bisa meniru anak TK? anak TK saja bisa, masa kita tidak bisa? pasti bisa bukan? namun sebagian besar kita terkadang kesulitan mengikuti “perilaku bijak” anak TK untuk menabung, semakin kompleksnya keperluan hidup sehingga ada saja alasan kita sulit menabung. lalu bagaimana caranya agar dapat mudah menabung? bagaimana teknik dan strateginya? anda bisa mendapatkan caranya dalam buku the secret investor genius

Related Post

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *