Banjir mengenangi Rancaekek Bandung

November 13, 2015

Dilema ketika musim hujan tiba. Pembaca Cahyailmu.com dikutip dari ANTARA News
Banjir genangi pemukiman penduduk di Rancaekek
Bandung (ANTARA News) – Bencana banjir menggenangi pemukiman penduduk dan badan jalan utama di Perumahan Bumi Rancaekek Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sesaat setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut, Jumat.

Seorang warga Bumi Rancaekek Kencana, Savitri, mengatakan bahwa banjir telah merendam seluruh badan jalan utama hingga mengganggu arus lalu lintas, bahkan banjir masuk ke dalam rumah.

“Banjir masuk rumah lewat saluran air di kamar mandi, baru sekarang banjir parah begini, biasanya gak kaya gini,” kata ibu rumah tangga itu.

Ia menuturkan banjir tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB hingga menjelang malam air belum juga surut.

Warga setempat, lanjut dia, tidak dapat keluar rumah dan lebih memilih menjaga rumah karena khawatir banjir terus membesar.

“Warga di sini panik, takut banjirnya terus gede,” katanya.

Menurut dia, banjir yang datang pada musim hujan sudah terjadi bertahun-tahun yang disebabkan karena saluran air kecil serta banyak sampah.

“Harusnya biar tidak banjir, jalan utamanya harus ‘ditinggiin’ terus ‘lancarin’ saluran pembuangan airnya, selokannya ‘digedein’ biar gak banjir lagi,” katanya.

Ia berharap pemerintah segera mengatasi persoalan banjir tersebut karena telah mengganggu aktivitas warga dan membuat kondisi rumah kotor.

Selain itu, lanjut dia, banjir menimbulkan bau tidak sedap dan lingkungan kotor sehingga dikhawatirkan timbul penyakit.

“Akibat banjir ini pasti bau, tentunya kulit jadi gatal-gatal,” katanya.

Selain melanda perumahan tersebut, banjir juga melanda sejumlah daerah lainnya di Kecamatan Rancaekek, termasuk menggenangi badan jalan utama Rancaekek-Cicalengka atau depan kawasan industri Kahatex.

Related Post

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *