47 perusahaan pembakar hutan dicabut izinnya

November 19, 2015

47 perusahaan pembakar hutan dicabut izinnya

47 perusahaan pembakar hutan dicabut izinnya

47 perusahaan pembakar hutan dicabut izinnya

Pembaca Cahyailmu.com Dikutip dari media Jawapos.com- Pemerintah bersikap tegas dengan mencabut izin perusahaan yang terindikasi kuat sengaja membakar lahannya. Saat ini dipastikan sekitar 47 perusahaan pemegang Hak Guna Usaha (HGU), terancam akan dicabut izinnya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Ferry Mursyidan Baldan.

”Saat ini kami sedang mengevaluasi, sedang dibahas,” katanya di sela-sela Forum Ilmiah Ikatan Surveyor Indonesia yang diselenggarakan Institut Teknologi Nasional Malang di Batu, Jawa Timur, Kamis (19/11).

Ferry menyebut bahwa perusahaan perkebunan yang luasan terbakarnya mencapai 50 persen dari luasan izin yang diberikan maka sanksinya bisa dicabut karena dianggap sebagai langkah pembiaran. Sedangkan yang total kebakarannya 40 persen ke bawah maka masih dikaji sanksi yang tepat.

”Ke depan, persyaratan bagi pemegang HGU perkebunan akan lebih diperketat. Sebagai antisipasi kebakaran lahan,” tegas Ferry.
Nantinya, setiap luasan lahan 5-10 hektare harus ada peralatan penanganan kebakaran seperti pipa hydrant dan lainnya.

Selain itu di luasan yang sama juga diharuskan dilengkapi dengan sensor panas dan api sehingga jika ada kebakaran dapat diantisipasi sedini mungkin.Jika ada kebakaran lahan, perusahaan langsung bisa menanganinya, baru kalau tidak mampu pemerintah turun tangan,” tegasnya

Related Post

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *